Kejahatan Cyber Incar Anak Indonesia
JAKARTA - Symantec melalui Norton melakukan survei mengenai adanya sikap orangtua dalam menjaga anaknya menggunakan internet. Ada beberapa kesimpulan yang didapat, salah satunya adalah, 3 dari 10 orangtua tidak peduli anaknya mengunduh musik dan video online.
Padahal menurut Norton Internet Safety Advocate and Business lead Effendy Ibrahim, survei tersebut menyimpulkan bahwa di internet, 55 persen gambar telanjang atau mengandung kekerasan biasa ditemukan. Ini belum termasuk 28 persen pesan email scam yang bagi anak-anak mudah saja untuk di-klik tanpa berpikir panjang.
"Sebanyak 4 dari 10 persen orangtua memang menerapkan aturan kepada anaknya saat membuka internet. Akan tetapi, kebanyakan aturan tersebut sifatnya sudah 'out of date'. Mereka tidak bisa mengawasai kemajuan internet yang semakin cepat," tambah Ibrahim, saat memaparkan laporannya, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (1/7/2010).

Tidak hanya musik atau video online, jejaring sosial juga menjadi santapan kejahatan cyber, bahkan Indonesia menempati posisi ke 4 dengan tingkat kejahatan internet tertinggi. Menurut hasil survei tersebut, rata-rata akun anak-anak Indonesia di jejaring sosial berteman dengan 130 akun, yang 33 persen di antaranya pernah melakukan pertemuan dengan orang yang tidak dikenalnya.
"Untuk itulah para orangtua perlu memberlakukan perlindungan yang ketat terhadap lingkungan keluarga mereka dari dunia online," sebut pria yang mempunyai 4 putra tersebut.
Norton sendiri menawarkan solusi perlindungan proteksi terhadap internet, sehingga para orangtua tetap bisa mengontrol internet di rumah mereka. Melalui Norton Internet Family, menawarkan pengaman secara gratis. Dengan hanya menjadi anggota dengan mendaftar di http://onlinefamily.norton.com
Keuntungan yang didapatkan dari solusi itu, selain diberikan secara gratis, para orangtua bisa memblokir situs-situs yang dianggap berbahaya. Selain itu, dapat memblokir pencarian yang mengarah ke konten tak wajar, dengan cara menuliskan kata-kata yang diinginkannya.
(By tyo, okezone.com, Updated: 7/1/2010)